TIPS & TRICKS JAWAB SOAL PPPK


Bismillaah.. 

Assalaamu 'alaykum wa rahmatullaahi wa barakaatuh

Herkese Merhaba......

Salam kenal dari admin yang bernama Nurifa Zahro Wastania Harahap, biasa dipanggil Nia atau Nuri. Pada momentum kali ini admin akan bahas terkait TIPS and TRICKS menjawab soal PPPK terutama tentang kompetensi manajerial, sosial kultural, wawancara dan moderasi beragama.

 

 

SOSIAL KULTURAL

1.   Tentukan pernyataan positif atau negatif, (positif = sangat setuju, negatif =sangat tidak setuju) 

2.   Apabila masih bingung menentukan positif/negatif maka pahamilah kata kunci indikator prilaku (lihat pdf materi sosial kultural) untuk melihat sikap yang benar. 

3.   Jika sangat membingungkan lebih baik jawab ragu-ragu (nilai 3), in syaa ALLAAH tidak  akan bingung jika sudah menguasai 2 hal diatas. 

 

 

MANAJERIAL 

 1    Cek kata kunci soal, cek posisi/jabatan (sebagai diri sendiri/pimpinan/ketua, bawahan/rekan kerja)

 2    Pilih jawaban sesuai indikator prilaku dan sesuai posisi jabatan (lihat pdf materi manajerial) 

 

 

WAWANCARA 

1    Cek kata kunci soal, cek posisi/jabatan (sebagai diri sendiri/pimpinan/ketua, bawahan/rekan kerja)

 2    Pilih jawaban sesuai indikator prilaku dan sesuai posisi jabatan (lihat pdf materi wawancara dan manajerial bagian indikator integritas) 

 

 Maksud kata kunci soal yakni konteksnya kira-kira cenderung ke prilaku apa? Integritas/komunikasi/kerjasama/orientasi terhadap hasil(capaian kerja)/pengembangan diri&orang lain/pelayanan publik/mengelola perubahan/pengambilan keputusan. Begitupula untuk sosial kultural dan wawancara.

 

 

MODERASI BERAGAMA

1    Jika berbentuk multiple choice dengan soal narasi panjang maka : langsung cek kata kunci soal (konteksnya mengenai indikator apa? Komitmen kebangsaan/toleransi/anti kekerasan/penerimaan terhadap tradisi) Lalu eksekusi jawaban sesuai PDF Materi Tanya Jawab Moderasi Beragama atau dari Materi Moderasi Beragama Kelas Intensif.

 2   Jika berbentuk Skala Thurstone maka : pilihlah dengan teliti setiap pilihan sesuai indikatornya masing2

 3  Jika berbentuk multiple choice terkait pengertian/istilah/dan sejenisnya : maka pahami modul moderasi beragama

 

NOTE : Pada JUKNIS disebutkan bahwa soal dalam bentuk skala Thurstone.

 

 

    Tambahan :

Menurut admin, soal moderasi beragama bukanlah soal moderasi yang khusus berkaitan dengan ISLAM sebab tes moderasi beragama diakses oleh semua peserta dari berbagai agama yang ikut PPPK Teknis Kemenag. Jadi tes moderasi relatif kepada soal moderasi beragama secara umum. Selain itu merujuk pada JUKNIS dimana substansi pokok terakit dengan 4 indikator yang telah disebutkan di atas.

 

Dikecualikan untuk moderasi beragama yang ada dalam materi teknis penyuluh agama islam. (Karena pasti terkait dengan ISLAM)

 

2 komentar: